Rabu, 14 Februari 2018

5 Strategi Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Toko Online

Image result for Strategi Meningkatkan Penjualan Online Shop

jasa pembuatan website murah - Menurut seseorang pakar bisnis yang bernama Stuart Anderson, “Berbisnis tidak ada usaha promosi, ibaratkan mengedipkan mata pada orang wanita ditengahnya kegelapan” yang berarti kamu tahu dengan apa yang kamu kerjakan tetapi orang yang lain tidak ketahui tentang apa yang tengah kamu upayakan. Tidak ada sebuah promosi, bisnis on-line kamu sekalipun akan tidak di ketahui oleh orang yang lain yang pada akhirnya dapat buat bisnis yang sudah kamu bangun itu juga akan jadi percuma karena tidak memiliki arah, tujuan dan visi kedepan. Tersebut penyebabnya kenapa melakukan bisnis on-line terlebih toko on-line ecommerce harus memiliki kiat marketing khusus, mengingat persaingannya makin hari makin berat.

Toko on-line tidaklah suatu hal yang baru, saat ini sudah banyak toko on-line di internet yang tawarkan beragam type barang/jasa yang berkompetisi untuk memperoleh customer sejumlah banyak. Bahkan juga, selama satu tahun lebih paling akhir, banyak dari mereka yang sangat terpaksa gulung tikar karena tidak kuatnya hadapi tingginya persaingan perebutan dan karena tidak ada kiat yang masak dalam hadapi persaingan perebutan itu. Berikut ada beberapa tips kiat marketing yang sudah dapat dibuktikan dapat memenangkan tingkat persaingan perebutan on-line shop yang tinggi dan dapat buat omset penjualan toko on-line kamu dapat naik sekian kali lipat.

1. Desain Toko On-line yang Profesional

Mendesain toko on-line dengan semenarik mungkin & seprofesional mungkin, telah termasuk dalam internal marketing dan hal itu sangat penting sekali untuk diperhitungkan. Menurut riset KISS Metrric amerika serikat, 42 persen on-line shopper trusted an on-line shop by its design alone. Riset ini menyebutkan kalau, dengan hanya bermodalkan desain toko on-line yang menarik & profesional saja, kamu telah dapat memperoleh 42 persen keyakinan dari beberapa pengunjung toko on-line kamu. Riset ini malah tidaklah heran, karena desain itu adalah sebuah seni yang melambangkan profesionalitas, prinsip, kwalitas, dan keyakinan. Untuk mendesain sebuah on-line shop ecommerce yang baik, Ada beberapa segi yang perlu di perhatikan.

User Friendly – Upayakan desain toko on-line kamu dapat mempermudah calon konsumen dalam mencari barang yang mereka kehendaki, mempermudah dalam memilih kelompok product, smart navigasi, mudah dalam sistem cek out, pengiriman, dan pembayaran.
Photo – Utamakan semua photo product yang juga akan di jual memakai photo kwalitas HD dan komplitilah semasing product dengan gallery photo yang mempermudah konsumen untuk lihat detil penampakan yang lebih terang.
Theme – Pakai theme yang responsive, clean code, retina ready, dan desain menarik
Logo – Pakai unik logo sendiri, kreatif, menarik, dan mudah diingat
Homepage – Pada homepage manfaatkanlah Banner yang mengambarkan SALE (Promosi Potongan harga), fiturd product, Recent Product, categories, dan beda sebagainya agar terlihat sangat profesional.

2. Content Marketing

Content marketing adalah salah satu contoh marketing yang mempromosikan sebuah product dengan memakai beragam media content seperti situs (blog), photo, video dan beda sebagainya. Sekitaran 80 persen toko on-line indonesia yang saya saksikan, sekalipun tidak melakukan sedikitpun content marketing ini, walau sebenarnya content marketing memiliki peran yang sangat penting dalam tingkatkan omset penjualan kamu. Dengan content marketing, kamu juga akan memperoleh 3 manfaat sekaligus yakni :

  • Memperoleh lebih banyak pengunjung yang datang ke situs toko on-line kamu, 
  • Tingkatkan brand awareness 
  • Tingkatkan kepopuleran toko on-line kamu. 
  • Tingkatkan omset penjualan 
  • agar lebih mudah dipahami, saya juga akan memberi dua contoh content marketing yakni content marketing situs (blog) dan content marketing video. 

Contoh Content Marketing Blog

Setiap situs on-line shop ecommerce, pastinya akan memiliki sebuah feature situs (blog) untuk buat beberapa artikel, feature itu sesungguhnya dapat dipakai untuk buat sebuah content marketing situs (blog) untuk toko on-line kamu. Agar lebih mudah dipahami, saya juga akan menerangkannya dengan sebuah studi masalah. Umpamanya saja, kamu memiliki sebuah toko on-line butik wanita. Sekitar 2 minggu sekali lagi orang-orang indonesia juga akan rayakan hari raya lebaran hingga buat keperluan pada bajupun juga makin bertambah.

Bila kita saksikan di google tren, maka keyword (kata kunci (keyword)) seperti “baju lebaran“, “busana lebaran“, “pakaian lebaran“, “model pakaian lebaran terbaru“, “baju lebaran wanita” dan beda sebagainya juga akan bertambah dratis mendekati hari raya lebaran. Disinilah peluang kamu untuk menangkap banyak pengunjung dari google dengan kata pencarian yang trending itu. Cara yang sangat efisien untuk menarik pengunjung dengan kata kunci (keyword) itu yakni dengan buat sebuah tulisan situs (blog) seperti “7 Tren model Baju Lebaran Wanita 2016” sembari memasukan beberapa photo product yang kamu jual sendiri di toko on-line kamu hingga buat daya tarik orang yang membaca artikel itu untuk beli product kamu makin bertambah. Sampai saat ini kiat marketing dengan tulisan situs (blog) ini sangat berpengaruh dalam tingkatkan omset penjualan kamu.

Contoh Content Marketing Video

Untuk buat Content marketing video, sangat direferensikan untuk memakai youtube jadi media promosi product toko on-line kamu. Upayakan content marketing video itu di buat semenarik mungkin hingga ia dapat menerangkan dengan gamblang tentang kelebihan & kwalitas dari product yang kamu jual.

Umpamanya kamu memiliki sebuah toko on-line baju yang jual product Jilbab A. Untuk buat sebuah content marketing video tentang jilbab A, kamu mungkin membayar seseorang wanita cantik untuk kenakan Jilbab A. Kemudian, kamu dapat merekamnya dan membuatnya dalam sebuah video advertising, lalu unggah video itu ke youtube. Maksud dari video itu untuk buat daya tarik konsumen yang kebetulan melihat video kamu tersebut di youtube. Janganlah lupa untuk mewatermark video itu dengan nama domain toko on-line kamu dan janganlah lupa untuk buat gambaran product, url domain on-line shop kamu dan penawarkan beberapa potongan harga promosi di video description.

3. E-mail Marketing

Perlu kenali kalau, tidak semua pengunjung yang datang ke toko on-line kamu pastinya akan beli product yang kamu jual. Umumnya dari mereka malah hanya ingin melihat-lihat beragam product yang kamu jual saja. Tetapi paling tidak, kita harus berupaya untuk memperoleh e-mail dari beberapa pengunjung itu yang umum dimaksud dengan e-mail subsriber, Untuk buat feature e-mail subscriber kita dapat meng-install e-mail subscriber plugin atau bila ingin lebih profesional kita dapat memakai mailchimp yang dapat dipakai dengan gratis s/d 2000 subscriber.

Letakan e-mail subscriber signup widget pada tempat strategis yang mudah terlihat oleh pengunjung atau kamu dapat juga buat sebuah E-mail Sign Up Pop Up di situs kamu. Tetapi, ada norma yang perlu kita patuhi sebelumnya memakai E-mail marketing lewat Subcriber ini yakni melindungi data privacy beberapa subscriber dan tidak melakukan SPAM ke e-mail mereka. Berikut 4 hal yang biasanya diantar lewat e-mail pada beberapa subscriber toko on-line kamu.

  • Fasilitas untuk mempromosikan product baru dan Product yang juga akan di jual (upcoming product) 
  • Fasilitas untuk penawaran kupon promosi, potongan harga, sale dan beda sebagainya 
  • Kirim tulisan situs (blog) yang relevan pada mereka 
  • Kirim beberapa artikel non product agar beberapa subsriber merasa tidak bosan

4. Social Media Marketing

Bila kamu dapat melakukan social media marketing ini dengan baik, maka juga akan beresiko bagus pada bisnis on-line shop kamu. Maksud utama dari permaianan social media ini, membawa beberapa pelanggan kamu jadi advocate brand toko on-line yang kamu buat. Karena mereka bisa dengan mudahnya menshare product yang mereka gemari di media sosial mereka semasing.

Banyak pakar marketing menyebutkan kalau, Media sosial yang sangat efisien untuk promosi bisnis e-commerce adalah Instagram dan Pinterest, Namun twitter dan facebook juga cukup baik untuk mempromosikan bisnis toko on-line kamu. Tetapi, dianjurkan untuk konsentrasi pada satu atau dua media sosial saja, terlebih untuk kamu yg tidak memiliki banyaknya waktu untuk otak atik media sosial.

Upayakan selalu untuk berhubungan dengan beberapa follower kamu, jawab pertanyaan mereka, informative dan menghibur. Upayakan tulisan yang diisi promosi product dengan segera hanya sekitar 20 – 30 persen, selebihnya buat tulisan tentang artikel artikel menarik, unik dan informatif yang berhubungan dengan product kamu (content marketing & video marketing). Janganlah lupa untuk berikan follower kamu reward point bila mereka menshare, like, menulis beberapa product yang kamu menawarkan di media sosial.

5. Pakai Iklan PPC di Google Adword

Bila kamu sudah melakukan Search Engine Optimation (SEO) dengan semaksimal, tetapi, hasil yang diperoleh belum juga demikian memuaskan, maka pilihan paling akhir dapat memakai layanan iklan PPC di google adword. Silakan pakai beragam feature yang berada di google adword, seperti find new kata kunci (keyword), kata kunci (keyword) planner, bidding, dan volume search/month. Pakai kata kunci (keyword) yang sangat relevan dengan usaha kamu, dan janganlah lupa tidak untuk ambil bid yang terlalu besar agar dapat menghemat biaya iklan. Silakan click di sini untuk membaca google adword guide.

Demikian, 5 kiat marketing yang sudah dapat dibuktikan ampuh dalam tingkatkan penjualan toko on-line ecommerce kamu. Mudah-mudahan tulisan ini berguna untuk pembaca sekalian, bila ada pertanyaan silakan catat komentar di bawah tulisan ini. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Contact us

Nama

Email *

Pesan *